post

Pelatih Chinese Taipe U-19 Tak Sabar Rasakan Atmosfer Indonesia

Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga perdananya di gelaran Piala AFC U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Indra Sjafri selaku pelatih tim mengatakan bahwa anak-anak asuhnya telah siap untuk menjalani laga pertamanya di Grup A tersebut melawan Chinese Taipei.

Secara umum, Timnas Indonesia U-19 pernah sekali bertemu dengan Timnas Chinese Taipei U-19 pada saat keduanya bertanding dan memperebutkan tiket menuju babak selanjutnya di ajang kualifikasi Piala AFC U-19 2010. Pada saat itu, Timnas Indonesia U-19 menang telak dengan skor 6 – 0. Hanya saja, sekarang komposisi kedua tim sudah berbeda jauh dari 8 tahun lalu itu.

Terlepas dari masalah teknis pertandingan antara kedua tim, ada satu hal menarik yang dilontarkan oleh pelatih Timnas Chinese Taipei U-19, Vom Ca Nhum. Dalam sesi press conference, Vom Ca Nhum mengatakan bahwa dia memang sudah mendengar bahwa suporter sepakbola di Tanah Air sangat militan dan selalu memberikan atmosfer hebat saat Timnas Indonesia bertanding.

Oleh karena itu, Vom Ca Nhum sangat ingin melihat langsung seperti apa bentuk dukungan dan kehebatan suporter Indonesia saat timnya melawan Timnas Indonesia U-19. Terlebih lagi, Vom Ca Nhum mengatakan bahwa selama ini banyak orang di Chinese Taipei yang acuh terhadap prestasi tim nasional negaranya.

Bahkan jika ada satu pertandingan di kandang sendiri, menjadi satu hal yang langka dan sangat beruntung jika Timnas Chinese Taipei mendapatkan dukungan hanya 1000 orang saja. Oleh karena itu, Vom Ca Nhum dan para penggawa Timnas Chinese Taipei U-19 ingin merasakan atmosfer hebat yang diciptakan suporter Indonesia itu, termasuk tekanan yang diberikannya.

“Saya sangat berharap banyak suporter akan datang ke stadion karena tim kami belum pernah bermain di depan ribuan penonton. Selama ini sudah beruntung jika kami ditonton 100 penonton. Tak peduli berapa banyak suporter Indonesia yang datang besok, saya berharap yang datang lebih banyak dari yang saya perkirakan. Kami akan berusaha tampil baik hingga menit terakhir pertandingan,” ungkap Vom Ca Nhum.

Pelatih Chinese Taipei U-19

“Saya berharap suporter datang ke stadion, karena itu akan bagus untuk pemain kami. Seperti pelatih Indonesia bilang, kami adalah tim yang bakal berjuang hingga menit akhir. Berapa pun yang akan datang saya harap sebanyak mungkin orang bisa terlibat dalam sepakbola Asia. Ini akan jadi pengalaman yang bagus untuk kami dan berapa pun yang hadir kami berjanji akan menyajikan sepakbola yang menarik untuk kalian.”

Selain ingin sekali melihat langsung atmosfer hebat dari suporter Tanah Air itu, Vom Ca Nhum juga memberikan sanjungan terhadap para penggawa Timnas Indonesia U-19 yang mana menurutnya sangat loyal dengan bukti kerja keras yang ditunjukkan mereka saat bertanding. Vom Ca Nhum pun ingin agar anak-anak asuhnya belajar banyak dari para pemain dari Tanah Air, terlebih setelah pertandingan selesai nantinya.

“Saya menyaksikan hampir semua pertandingan yang dijalani oleh Indonesia. Satu hal yang saya amati adalah para pemain selalu melakukan selebrasi bersyukur setiap kali mencetak gol. Hal itu memperlihatkan betapa mereka mencintai negara mereka,” lanjutnya.

Berhasil melaju ke fase grup di Piala AFC U-19 2018 ini merupakan satu berkah dan prestasi yang dapat disukuri sekaligus diberikan apresiasi oleh segenap penggawa Timnas Chinese Taipei dan semua pihak yang terkait. Hal itu dikarenakan saat ini adalah kali pertama bagi mereka berhasil melaju ke fase grup setelah terakhir kalinya pada tahun 1974.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *