post

Diego Maradona: Messi Bukanlah Pemimpin yang Baik!

Memang hubungan antara dua orang yang sama-sama sangat terkenal di Argentina, Lionel Messi dan Diego Armando Maradona, dapat dikatakan selalu ada saatnya menjadi pasang dan juga surut. Dikatakan begitu karena Maradona pernah memuji setinggi langit Messi karena dianggap sebagai pemain asal Argentina yang terhebat di dunia dan beberapa waktu lalu, Maradona memberikan kritikan pedas kepada pemain berjuluk La Pulga itu.

Kritikan tersebut dilontarkan Maradona karena setelah Argentina harus terseok-seok untuk dapat merebut tiket menuju Piala Dunia 2018 Rusia dan akhirnya harus tersingkir dari perhelatan sepakbola terbesar di dunia itu, Messi lantas seperti menghilang dan tidak pernah menunjukkan diri ketika tim nasionalnya berlatih ataupun saat bertanding melawan negara lain.

Menurut Maradona, Messi yang sangat dibutuhkan tenaganya dan kemampuannya justru terkesan lepas tangan ketika negara butuh layanannya. Oleh karena itu Maradona menyebut Messi sebagai seseorang yang tidak layak untuk mendapatkan gelar pemimpin atau kapten tim yang baik.

Dalam pernyataannya selanjutnya, Maradona menyebut bahwa Messi tidak memiliki jiwa seorang pemimpin yang bertanggung jawab seperti yang ditunjukkan oleh banyak kapten tim lainnya di dunia. Bahkan, menurut pengamatan Maradona, sebelum pertandingan dimulai atau ketika akan berlatih, Messi lebih disibukkan dengan bermain game di konsolnya daripada berbaur dengan rekan-rekannya yang lain atau juga sangat sering meminta izin untuk ke toilet. Oleh karenanya, Maradona mengatakan jika saja dirinya adalah pelatih Timnas Argentina, dia tidak akan memanggil Messi untuk memperkuat tim Tango itu.

“Dia (Messi) memang memintanya saat di lapangan, namun ketika sebelum berbicara dengan rekan setimnya, dia justru pergi untuk bermain PlayStation. Saya sangat sulit untuk mengatakan ini, namun saya rasa tidak ada gunanya membuat seseorang yang pergi ke kamar mandi sebanyak 20 kali untuk dijadikan sebagai pemimpin di pertandingan,” kata Maradona.

Alih-alih mendapatkan dukungan, justru banyak cercaan berasal dari berbagai pihak yang ditujukan kepada Maradona dan juga tidak sedikit yang memberikan pembelaan kepada Messi, seperti contohnya yang dilakukan oleh sepupu dari Messi sendiri dan pihak Barcelona.

Lionel Messi

Dalam pernyataannya, Josep Vives mewakili pihak Barcelona memberikan tanggapan atas kritikan Maradona kepada Messi itu. Menurut Vives, Messi adalah pemain yang hebat baik di dalam ataupun di luar lapangan. Semuanya dibuktikan bukan melalui mulut, melainkan dengan hasil di lapangan.

“Dia (Messi) adalah pemain terhebat sepanjang masa. Hal itu dirasa tidak perlu diragukan lagi. Dia membuktikannya di atas lapangan, jadi salah jika Maradona mengatakan hal seperti itu,” ujar Vives.

Terkait dengan hal ini, salah satu legenda Timnas Argentina yang pernah membela tim Tango itu di Piala Dunia 1978, Mario Kempes memiliki pandangan lain terkait dengan kehebohan tersebut. Dia tidak serta merta menyalahkan salah satu pihak, namun bersikap netral. Akan tetapi, Kempes mengakui bahwa memang Messi adalah seorang pemain hebat dan menyarankan Maradona untuk tidak terlalu mengumbar kata-kata walaupun tujuannya bagus.

“Apa yang ingin dikatakan Diego adalah jangan terlalu bergantung kepada Messi. Itu adalah arti dari pernyataannya, ‘Messi bukanlah seorang pemimpin.’ Di Barcelona, Messi bermain sangat bagus karena semua pemain lainnya juga bermain bagus sebagai sebuah tim dan itu yang harusnya dilakukan (oleh Timnas Argentina),” ungkap Mario Kempes.

“Semua orang mengatakan bahwa Diego mengkritisi Messi, tapi itu tidak benar. Diego memiliki cara sendiri untuk menunjukkan perhatiannya. Dia akan menghubungi Messi bukan untuk meminta maaf tapi untuk menjelaskan bahwa apa yang dia maksud dengan pernyataannya itu justru adalah sebuah dukungan kepada dirinya, bukan sebaliknya.”

 

2 thoughts on “Diego Maradona: Messi Bukanlah Pemimpin yang Baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *