post

5 Besar Liga 1 dan Peluang Mereka untuk Terus Mempertahankan Posisi

Tanpa terasa, ajang sepakbola tertinggi di Tanah Air, Liga 1 bersama Bukalapak sudah semakin mendekati akhir kompetisi. Dimulai pada hari Jumat (23/3) kemarin, kompetisi satu ini jika sesuai jadwal bakal berakhir pada hari Minggu (2/12) mendatang atau tepat pada pekan ke-34.

Dan berada di pekan ke-25 seperti sekarang, ada 5 tim yang berpeluang untuk saling berebut tangga juara, yaitu Persib Bandung, PSM Makassar, Persija Jakarta, Bali United dan Bhayangkara FC. Persib Bandung sendiri bercokol di puncak klasemen dengan raihan 45 poin dari 13 kemenangan, 6 kali seri dan 6 kali kalah, sedangkan di posisi kedua ada PSM Makassar dengan 44 poin dari 12 kemenangan, 8 kali seri dan 5 kali kalah.

Di urutan ketiga ada Persija Jakarta dengan 42 poin dari 12 kemenangan, 6 kali seri dan 7 kali kalah dan Bali United ada di posisi 4 dengan 40 poin dari 7 kekalahan, 7 kali seri dan 11 kali menang. Sedangkan Bhayangkara FC yang di musim kemarin berhasil menjadi kampiun, sampai dengan pekan ke-25 di musim ini, tim tersebut berada di urutan ke-5 dengan 39 poin dari 11 kemenangan, 6 kali seri dan 8 kali kalah.

Sebenarnya, tim-tim yang berada di posisi 6 sampai 10 juga masih memiliki peluang untuk ikut bertarung memperebutkan posisi puncak dan menjadi juara di 9 laga terakhir nanti, namun jika melihat dari performa 5 besar di Liga 1 tersebut, nampaknya juga cukup sulit bagi mereka untuk dapat merangsek ke atas.

Baca Juga: Persija Tak Risaukan Jadwal Diundur karena Piala Asia U-19

Besok (18/10), Bhayangkara FC akan bertandang ke markas Mitra Kukar yang menduduki peringkat ke-15 klasemen sementara. Jika dalam laga besok Bhayangkara FC mampu menang, maka ada kesempatan untuk dapat menduduki posisi 4 klasemen sementara, namun jika kalah, maka Madura United, Pusamania Borneo FC dan Barito Putera akan berpeluang menggeser posisinya sekarang.

Liga 1 Indonesia

Sedangkan Bali United pada hari Sabtu (20/10) nanti akan bertandang ke markas Singo Edan, Arema FC. Menjadi satu keuntungan besar bagi Bali United selain karena pemain yang dimilikinya sangat berkualitas, walaupun bertanding di kandang sendiri, Arema FC sedang menjalani sanksi laga tanpa suporter sampai akhir musim. Jadi tidak ada beban mental bagi para penggawa Bali United dalam laga nanti. Di sisi lain, para penggawa Arema FC yang justru lebih tertekan karena harus bekerja keras untuk dapat meraih poin setelah di laga paling akhirnya melawan PSM Makassar, kubu Singo Edan ini harus pulang tanpa poin.

Penghuni urutan 3 klasemen, Persija Jakarta juga akan mengalami laga tandang ke markas Persipura Jayapura pada tanggal 25 Oktober 2018 mendatang. Sebenarnya kubu Macan Kemayoran ini akan bertanding melawan Persela Lamongan pada hari Jumat (19/10) besok, namun dikarenakan Stadion Patriot yang menjadi markas mereka digunakan sebagai venue Piala Asia U-19 2018, maka mau tidak mau, laga tersebut harus diundur.

Di sisi lain, usai menang melawan tamunya Arema FC, pasukan Robert Albert harus bertandang ke markas Pusamania Borneo FC pada hari Jumat (19/10) besok. Pertandingan tersebut akan menjadi penentu apakah PSM Makassar dapat merebut puncak klasemen sementara dari Persib Bandung ataukah mereka harus pulang dengan tangan hampa dan harus bersaing dengan Persija Jakarta.

Sedangkan Persib Bandung pada hari Sabtu (20/10) besok akan melakoni laga pertamanya pasca sanksi larangan tanding kandang di Pulau Jawa alias melakoni laga usiran sampai akhir musim. Untuk itu, ketika menjamu Persebaya Surabaya, Persib Bandung harus menjalaninya di markas Bali United di Bali.

2 thoughts on “5 Besar Liga 1 dan Peluang Mereka untuk Terus Mempertahankan Posisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *